Jenis - Jenis Jam Tangan

    Sebuah jam tangan dapat menampilkan kepribadian pemakainya. Bisa juga dengan menyampaikan selera, kekayaan, dan bahkan kekuatannya. Memilih jam tangan memang tidak mudah, ada banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan. Seperti desain, model, kegunaan, dan masih banyak faktor lainnya. 

Ada 10 jenis jam tangan yang ada saat ini, Apa aja sih??



1. Jam Tangan Quartz

Ini adalah jenis jam tangan paling umum digunakan di masa sekarang. Ditenagai penggerak Quartz, jam jenis ini disebut yang paling akurat soal ketepatan waktu.

Kekurangannya, jam tangan dengan movement Quartz masih membutuhkan baterai yang harus diganti secara berkali jika habis.



2. Jam Tangan Automatic

Berbeda dengan Quartz, jam tangan automatic atau yang menggunakan mesin mekanis tidak membutuhkan baterai. Mesin jam berjalan otomatis dengan mengandalkan tenaga dari penggerak itu sendiri. Ini biasanya digilai oleh para pecinta arloji.

“Tik-tok-tik-tok…” Itulah kekhasan jam tangan ini. Jam bermesin mekanis sangat mudah dikenal karena kamu dapat mendengar suara ticking. Umumnya berharga cukup mahal, namun kini harga yang ditawarkan lebih beragam.



3. Jam tangan digital

Pada awal tahun 2000-an, jam tangan digital ramai beredar di pasaran. Jenis jam tangan digital memiliki bermacam fitur, termasuk alarm, varian waktu, stopwatch, dan lain-lain. Jam tangan digital membutuhkan baterai agar dapat beroperasi.

Seiring perkembangan teknologi, jam tangan digital telah berubah, bahkan berevolusi menjadi jam tangan yang lebih canggih lagi.



4. Smartwatch

Bisa dikatakan bahwa jam tangan pintar atau smart watches merupakan hasil evolusi jam tangan digital. Jenis jam tangan ini sangat populer sejak 2010-an.

Utilitas smartwatches telah direpresentasikan oleh namanya, seperti adanya fitur pintar berupa GPS, kamera, serta sensor-sensor untuk merekam aktivitas sehari-hari dan olahraga

Selain itu, jam tangan cerdas ini dapat disinkronisasikan dengan ponsel pintar untuk memunculkan notifikasi panggilan, pesan masuk hingga kalender.



5. Jam Tangan Chronograph

Salah satu jam tangan yang populer diperjual-belikan adalah jam tangan chronograpgh. Jenis jam tangan ini sebenarnya bukanlah inovasi terbaru, melainkan sudah ada sejak lama.

Pada awal 1800-an, petinggi kerajaan Prancis meminta bawahannya untuk menciptakan petunjuk waktu yang lebih akurat dalam kegiatan balap kuda.

Hasilnya, tentu jam tangan chronograph yang bercirikan tiga lingkaran waktu berukuran kecil di permukaan utama jamnya.



6. Jam Tangan Militer

Jam tangan militer didesain dengan material yang kuat dan kokoh. Selain itu, jam tangan militer bukan hanya sekadar aksesoris pergelangan tangan biasa saja, tetapi juga ada fitur-fitur khusus yang fungsional.

Seperti misalnya senter, nyala lampu SOS, dan fitur khusus lainnya. Jenis jam tangan ini sudah diperkenalkan sejak tahun 1800-an.



7. Jam Tangan Pilot

Ketika sedang mengudara, pilot membutuhkan fokus penuh sehingga benda-benda pendukung yang dimilikinya haruslah sesederhana mungkin, tidak terkecuali jam tangan.

Di kalangan pilot, terkenal jam tangan berjenis khusus yang biasanya digunakan oleh mereka yang aktif mengudara.

Jenis jam tangan pilot dibuat dengan desain dial yang besar dan jelas, bermaterial ringan, dan berfitur glow in the dark.



8. Jam Tangan Diver

Dive watches atau jam tangan selam merupakan jenis jam tangan yang biasanya dipakai oleh para penyelam ketika mereka melakukan aktivitasnya di bawah air.

Jenis jam tangan tersebut didesain secara tepat agar dapat bertahan di kedalaman sekitar 500 hingga 1000 kaki.

Namun, beberapa merek jam tangan yang mengeluarkan jenis ini biasanya memiliki water resistance yang lebih kuat lagi dan dapat digunakan di perairan yang lebih dalam lagi.



9. Jam Tangan Dress

Sementara jam tangan mewah memiliki fungsi yang mirip dengan jenis jam tangan ini, dress watches memiliki keunikannya tersendiri.

Jam tangan dress menonjolkan kesan yang sederhana, namun tetap menawan. Jam tangan ini menampilkan sisi elegansi yang dapat disesuaikan dengan pakaian.



10. Jam Tangan Perawat

Para perawat membutuhkan jam tangan yang dapat menunjukkan waktu, akurasi detik yang sesuai detak jantung, dan tentunya terbuat dengan material yang mudah dibersihkan.

Ketika melakukan tugasnya, perawat sangat membutuhkan efisiensi waktu, misalnya jadwal-jadwal yang harus mereka laksanakan.

Selain itu, keutamaan jenis jam tangan ini adalah adanya petunjuk prediksi denyut nadi atau detak jantung.


Nahh, itu jenis Jam Tangan yang ada tetapi, kembali lagi kepada pembeli mau memakai jam jenis mana yang mereka suka :D.

Comments

  1. Bagi pecinta jam tangan pastinya ini menjadi sarana informasi yg berguna. Bahkan untuk yg terbiasa tidak memakai jam tangan akan tergiur karena tau berbagaimacam jenis jam tangan yg bagus-bagus setelah membaca artikel diatas. Kak mau tanya nih kan berbagai jenis jam tangan itu belum tentu cocok dipakai dikulit kita, bagi informasi terkait pemakaian di jenis kulit juga dong kak dan tips terhindar dari iritasi disebabkan oleh jam tangan:v terimakasih kak

    ReplyDelete
  2. Saya ingin tahu kak, mengapa jam tangan dinilai sebagai kerajinan yang bernilai fungsional? Terimakasih

    ReplyDelete
  3. Wah informasinya bermanfaat banget nih kak, khususnya bagi pengguna jam tangan. Sepertinya jam tangan aksesoris penting digunakan sehari-hari ya. Oh iya kak, mungkin kakak bisa merekomendasi jam cewe dan cowo, dari jenis-jenis jam yang telah kakak bahas diatas karena kadang kita salah memilih bentuk jam sehingga tidak cocok dengan tangan kita. Terimakasih !🤗

    ReplyDelete
  4. oiya menurut mimin dari jenis jam tangan diatas yang cocok untuk orang kurus yang mana? soalnya ada beberapa jenis jam tangan kalau dipakai kelihatannya kebeseran ditangan

    ReplyDelete
  5. WOW... sungguh informasinya yang sangat berfaedah. Jujur, saya sendiri juga suka mengoleksi jam tangan, akan tetapi jam tangan yang saya koleksi itu harganya murahan dan terkadang malah produk KW. Hehehe... BTW, tapi saya pernah mendengar kalau jam tangan itu bisa dijadikan sebuah investasi yang cukup menjanjikan. Salah satunya seperti mengoleksi jam tangan seperti merk Mont Blanc, Hublot, Richard Mille, Rolex dan masih banyak jam tangan lainnya yang harganya auto bikin kantong jebol. Nah, menurut admin sendiri apakah mengoleksi jam tangan mahal seperti itu dapat dijadikan sebagai salah satu lapangan kerja baru?

    ReplyDelete
  6. wah wah wahhh saya kan tinggal di malang nih kak... mungkin bisa rekomendasi toko toko jam tangan kalo misalnya suatu saat nanti saya ingin beli jam... terimakasih...

    ReplyDelete
  7. Wahh menarik nih pembahasan nya, saya suka pake jam tangan sih tapi cuma punya satu dan kalo rusak beli lagi gituu wqwq, karena belinya jam murahan jadi gagitu awet wqwq mungkin bisa ditambahkan cara merawat jam tangan dong kak, Oiyaa karena jam tangan merk luar harganya mehong mehong yaa, coba dongg kak rekomendasiin jam tangan brand lokal yang baguus dan harga sesuai dengan kualitasnya😁😊

    ReplyDelete
  8. Wah terima kasih kak pembahasannya. Dari dulu saya mengimpikan punya jam tangan merek Police, namun belum kesampaian terhalang dana hehe. Btw saya kan pengguna sepeda motor, nah setelah saya melepas jam tangan saya, tangan saya terlihat belang, padahal sudah saya tutup dengan jaket. Nah apakah admin tahu cara mengurangi belang akibat penggunaan jam tangan? Terima kasih

    ReplyDelete
  9. Manteb Mas, menarik nih infonya! Dulu waktu kecil, saya kira Quartz tuh merk loh, hahahaa. Sepertinya sampe sekarang masih ada aja yang mikir gitu. Keren nih, bisa jadi pengetahuan

    ReplyDelete
  10. Bagus banget informasinya min😁👍. Jadi lebih tau tentang jenis jam tangan yang ada. Bisa jadi referensi buat beli nih. Nice info 👌

    ReplyDelete
  11. Wahhh baru tahu kalo jenis jam tangan itu banyak sekali dan bermacam-macam. Kalo saya pribadi lebih menyukai jam tangan dress, karena memberikan kesan elegan pada pemakainya :) Thanks min buat infonya. Oh iya min bisa berikan rekomendasi atau tips/trik memilih jam tangan untuk wanita? Ditunggu yaa min next postnya. Semangatt~~

    ReplyDelete
  12. waaah bagus banget invormasinya jadi lebih tau tentang jam tangan. btw jam tangan kan ada yg asli dan ada juga yg KW yang nyaris mirip terus untuk cara membedakannya itu gimana yaa kalo boleh tau wkwkwk

    ReplyDelete
  13. suka banget dengan postingan ini, aku sangt setuju sih memang seharusnya jam tangan disesuaikan dengan kebutuhan dan outfit sehari-sehari

    ReplyDelete
  14. wah ternyata banyak juga ya jenis jam tangan. bisa jadi refrensi buat cari jam tangan.
    terima kasih informasinya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts